Almost25 dan kru pindah ke Dini Blogs.
http://diniblogs.blogspot.com.
Anda akan dialihkan ke halaman baru dalam 3 detik.

Photobucket - Video and Image Hosting


.::Almost 25::.

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita coba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu. [Kahlil Gibran: Cinta, Keindahan, Kesunyian]

.::Almost 25::.

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita coba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu. [Kahlil Gibran: Cinta, Keindahan, Kesunyian]

Monday, October 09, 2006, @ 10:50 AM

Asap, Smoke, Jerubu, Haze

Photobucket - Video and Image HostingDua hari yang lalu tingkat PSI (Pollutant Standards Index) udara di Singapura mencapai level tertinggi, 150. Kotor sekali. Jarak pandang pun sangat terbatas. Keadaannya persis kabut pagi hari di daerah lembang pada 20 tahun yang lalu, tapi bukan udara segar yang terasa, melainkan udara menyesakkan dan bikin batuk.

Angka 150 pada skala PSI adalah level yang dinyatakan 'unhealthy' alias tidak menyehatkan. Menurut informasi pada Channel News Asia, beginilah pembagian tingkatan angka PSI:

24-Hour PSIAir Quality CategoryGeneral Health Effects
Up to 50GoodNone for the general population.
51 to 100ModerateFew or none for the general population.
101 to 200UnhealthyMild aggravation of symptoms among susceptible persons i.e. those with underlying conditions such as chronic heart or lung ailments; transient symptoms of irritation e.g. eye irritation, sneezing or coughing in some of the healthy population.
201 to 300Very unhealthyModerate aggravation of symptoms and decreased tolerance in persons with heart or lung disease; more widespread symptoms of transient irritation in the healthy population.
Above 300HazardousEarly onset of certain diseases in addition to significant aggravation of symptoms in susceptible persons; and decreased exercise tolerance in healthy persons.
PSI levels above 400 may be life-threatening to ill and elderly persons. Healthy people may experience adverse symptoms that affect normal activity.

Tahun 1997 angka PSI mencapai 226, rekor tertinggi selama ini.

Diberitakan makin banyak orang yang datang ke dokter karena gejala-gejala akibat asap ini. Suami saya juga batuk-batuk karena asap ini. Tapi alhamdulillah sekarang sudah baikan, dan alhamdulillah level PSI sudah kembali ke level aman, 45. Mudah-mudahan makin bersih terus, tidak ada asap lagi. Mudah-mudahan kebakaran hutan (yang sengaja dibakar) tidak meluas lagi. Mudah-mudahan orang yang melakukan pembakaran hutan pada sadar. Mudah-mudahan sering turun hujan sehingga udara jadi bersih... dan mudah-mudahan hujannya gak bikin banjir.

Links:
Channel News Asia Haze Alert
Channel News Asia Haze FAQ
Kiriman Asap dari 4 Provinsi Bikin Pekanbaru Berkabut - detik.com
RI Pasrah Atasi Asap, Hujan Satu-satunya Harapan - detik.com
*Picture from: Channel News Asia

~ Dini ~ | Permalink | 2 comments

2 Comments:

Blogger Lia said...

waduh sama din gara2 haze yg tebal aku sampai batuk2 dan kehilangan suara total selama 3 hari habis itu demam panas waduuh gak tahan baunya asap yg keras banget tp alhamdulillah hari ini baru agak mendingan dan suara baru saja kembali Alhamdulillah

10/09/2006 02:10:00 PM  
Blogger ndew said...

jadi kena polusi kiriman dari indonesia?
euleuh-euleuh....

10/09/2006 06:39:00 PM  

Post a Comment

<< Home